Bisnis

Apa Tersebut Bisnis Franchise?

franchise adalah

Di industri franchise, biasanya kita pun harus menanggung fee dan royalti. Dengan begitu, diperlukan uang yang banyak untuk mengawali bisnis franchise ini.

Yang harus kamu lakukan hanyalah melanjutkan sesuatu dan menghasilkan keuntungan yang lebih besar. Sebagaimana usaha kebanyakan, kita harus menyiapkan tempat, peralatan, ataupun inventory ketika akan merintis franchise.

Franchise atau penerima waralaba mendapatkan hak memproduksi konsep dari franchisor, dengan terikat pada kontrak atau perjanjian yang telah disepakati. Jadi, franchise harus memiliki komitmen untuk menghormati dan menjalankan segala bentuk konsep, spesifikasi dan peraturan yang diberikan pihak Franchisor. Karena bisnis franchise hampir tidak memerlukan banyak percobaan atau dikenal dengan istilah ‘trial and error’. Ya, karena semua itu sudah dilakukan oleh para pemilik merek sebelum usaha mereka itu di-franchise-kan. Dalam bentuk yang kedua yaitu business format franchisee, franchisor memberikan seluruh konsep bisnis yang meliputi strategi pemasaran, pedoman dan standar pengoperasian usaha dan bantuan dalam mengoperasikan franchise.

Badan usaha sering disamakan dengan perusahaan, walaupun pada kenyataannya berbeda. Salah satu syarat menjadikan bisnis franchise alfamart adalah harus berupa badan usaha. Selain itu, Anda harus mempelajari dan mengetahui mekanisme pembayaran dan bagi hasil keuntungan. Setiap franchisor memiliki aturan satu sama lain dalam menentukan pembagian keuntungan. Anda harus mencari tahu lebih jauh dan benar-benar memahaminya karena akan sangat mempengaruhi bisnis franchise Anda ke depan. Anda pasti sudah tidak asing lagi dengan bisnis franchise atau waralaba. Bisnis yang satu ini memang cukup menjanjikan dan lebih mudah dibandingkan harus membuat konsep dan membangun bisnis sendiri.

Di sisi lain, menentukan franchise yang akan dibeli tidak bisa sembarangan. Jangan samakan dengan membeli barang elektronik yang jika rusak dan klaim garansi langsung ganti barang baru. Pasalnya, bisnis satu ini punya pengalaman dan konsep yang sudah matang. Untuk mendapatkan jenis usaha tanpa menunggu lama, jelas waralaba jawabannya. Dalam waralaba, ada dua pihak yang terlibat yaitu pemberi waralaba dan juga penerima waralaba. Pemberi waralaba yaitu pihak yang memberikan hak kepada orang lain untuk bisa memanfaatkan kekayaan intelektualnya, atau menjual dan menggunakan produk dan ciri khas usaha yang dimiliki. Sedangkan penerima waralaba yaitu badan usaha atau perorangan yang berhak menggunakan kekayaan intelektual yang diberikan oleh pemberi waralaba.

franchise adalah

Untuk bisa menjalankan usaha franchise ini, diwajibkan untuk memiliki Surat Tanda Pendaftaran Waralaba yang dikeluarkan oleh Kementerian Perdagangan dan sertifikat merek sebagai bukti Hak Kekayaan Intelektual. Usaha Franchise ini memerlukan syarat-syarat yang cukup banyak untuk bisa memulai sebuah usaha, persayaratan ini datang baik dari pemerintah maupun dari pemilik usaha atau merk dagang yang ingin dilakukan franchise. Badan usaha merupakan kesatuan yuridis atau hokum, teknis dan ekonomis yang bertujuan mencari laba atau keuntungan.

Setelah kontrak ditandatangani, pemegang franchise akan membuka replika bisnis franchise, di bawah arahan pemilik franchise/franchisor. Franchise tidak akan memiliki kendali atas bisnis seperti yang akan ia miliki atas model bisnis mereka sendiri, tetapi dapat mengambil manfaat dari berinvestasi pada merek yang sudah mapan. Menurut Hukum Pemerintah Indonesia, waralaba atau franchise merupakan sebuah perikatan yang salah satu pihaknya diberikan hak untuk memanfaatkan dan menggunakan hak dari kekayaan intelektual. Atau franchise adalah pertemuan dari ciri khas suatu usaha yang dimiliki pihak lain dengan suatu imbalan berdasarkan persyaratan yang ditetapkan oleh pihak lain, dalam rangka penyediaan dan atau penjualan barang dan jasa.

Dengan demikian franchisee mempunyai identitas yang tidak terpisahkan dari franchisor. Pada umumnya bentuk ini digunakan dalam usaha fastfood restaurant seperti Kentucky Fried Chicken, Pizza Hut, Mc Donald, Hotel, dan jasa penyewaan mobil. Bentuk inilah yang digunakan franchisor asing menyerbu pasar Indonesia dan digunakan juga oleh bisnis lokal seperti Es Teller 77, Rudi Hadisuwarno Salon, Mbok Berek, dan lain-lain. Lagi pula, franchisor akan ada pelatihan mengenai cara mengembangkan sebuah bisnis dan juga pelatihan melakukan promosi agar waralaba yang dilakukan tidak salah sasaran. Setiap pemilik usaha ingin mendapatkan untung dari bisnis ini, itu berarti mereka sudah menyiapkan diri untuk ‘bekerja’ setiap waktunya. Tidak memiliki pengalaman dalam dunia kerja namun bisa langsung memimpin perusahaan, kurang lebih seperti itulah seorang franchisee.

Bisnis franchise terkesan lebih praktis dan memiliki risiko yang cukup minim. Jika franchise dirasakan belum tepat, maka Anda dapat memulai dengan bisnis kecil yang mudah untuk dijalankan. Pengertian waralaba menurut Douglas J. Queen adalah suatu model perluasan pemasaran dan bisnis. Pemegang franchise yang membeli suatu bisnis manfaat dari kesadaran pelanggan akan nama dagang, sistem teruji dan pelayanan lain yang disediakan pemilik franchise. Waralaba atau lebih populernya disebut dengan Franchise dan Franchaising merupakan sebuah hak untuk menjual suatu produk atau jasa ataupun layanan. Definisi waralaba lainnya adalah suatu hubungan kerja yang mempunyai kontrak atau perjanjian antara pemilik waralaba dan penerima.

Ada sebagian franchisor yang membantu franchisee dengan menawarkan fasilitas pinjaman yang bekerja sama dengan lembaga keuangan tertentu. Penyerahan jasa dari pemilik waralaba kepada pemakai berupa hak-hak penggunaan merek dagang untuk dipergunakan oleh pemakai franchise. Bisnis franchise memiliki prosedur pendaftaran yang tidak sulit sehingga peminat franchise dapat segera memulai bisnis. Franchise adalah bentuk hubungan kemitraan antara pemilik waralaba/pewaralaba dengan penerima waralaba dalam mengadakan persetujuan jual beli hal monopoli untuk menyelenggarakan usaha waralaba. Tidak sedikitnya penawaran bisnis waralaba mungkin memberikan banyak pilihan yang membingungkan.